• Saat tunggu pengumuman hasil seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) , tidaklah ada kelirunya Anda coba lowongan kerja yang lain. 

     

    Masalahnya sejumlah perusahaan besar serta terkenal tengah buka lowongan kerja teranyar di pertengahan Oktober 2018 ini. 

     

    Perusahaan-perusahaan yang tengah buka lowongan kerja itu datang dari perusahaan bank, beberapa perusahaan BUMN, sampai Mabes TNI. 

     

    Lowongan kerja itu sejumlah salah satunya diperlihatkan untuk lulusan SMK, D3, S1, sampai S2. Nanti, calon yang dipilih akan dipekerjakan jadi tenaga konsisten. 

     

    sudah meringkas sejumlah perusahaan besar serta terkenal yang tengah buka lowongan kerja di pertengahan Oktober 2018 ini. 

     

    Selanjutnya rincian perusahaan besar serta terkenal yang tengah buka lowongan kerja di pertengahan Oktober 2018 : 

     

    1. Mabes TNI 

     

    Untuk Anda yang tertarik atau udah lama menghendaki untuk berkarier di Mabes TNI, lekas buat persiapan diri terunggul serta semaksimal mungkin lantaran Mabes TNI kembali buka lowongan kerja teranyar. 

     

    Kesempatan ini, Mabes TNI menyebut putra-putri terunggul lulusan D3, S1, serta S1 Profesi untuk dididik berubah menjadi Calon Perwira Prajurit Karir TNI TA 2018. Pendaftaran di buka mulai 3 September sampai 31 Oktober 2018. 

     

    Diambil dari web rekrutmen-tni. mil. id, selanjutnya rincian keperluan TNI 2018, syarat-syarat untuk beberapa pelamar, syarat-syarat berkas lamaran, tempat tempat pendaftaran TNI 2018, serta tata langkah pendaftaran lowongan kerja itu : 

     

    Calon PaPK TNI TA 2018 

     

    Rincian Keperluan TNI 2018 

     

    Jurusan yang diperlukan : 

     

    1. Kedokteran Umum : Pria/wanita lulusan S1 

     

    2. Kedokteran Gigi : Pria/wanita lulusan S1 

     

    3. Kesehatan Lingkungan : Pria lulusan S1 

     

    4. Apoteker/Farmasi : Pria lulusan S1 

     

    5. Radiologi : Pria lulusan S1 

     

    6. Gizi : Pria/wanita lulusan S1 

     

    7. Analis Kesehatan : Pria lulusan S1 

     

    8. Fisika : Pria lulusan S1 

     

    9. Statistik : Pria lulusan S1 

     

    10. Hukum Pidana : Pria/wanita lulusan S1 

     

    2. PT Garuda Indonesia Tbk 

     

    Apakah Anda udah lama menghendaki untuk berkarier di satu diantaranya maskapai paling besar serta terkenal di Indonesia? Bila ya, yuk lekas buat persiapan diri terunggul Anda lantaran PT Garuda Indonesia Tbk kembali buka lowongan kerja teranyar. 

     

    Untuk memberi dukungan peningkatan usaha perusahaan, kesempatan ini Garuda Indonesia buka lowongan kerja dengan siapkan dua tempat. Pendaftaran lowongan kerja di buka sampai akhir Desember 2018. 

     

    Mencuplik web sah Garuda Indonesia, career. garuda-indonesia. com, selanjutnya tempat yang di sediakan, syarat-syarat tiap-tiap tempat, tingkatan seleksi, kompensasi, serta keuntungan, dan tata langkah pendaftaran lowongan kerja itu : 

     

    1. Captain & First Officer Garuda Indonesia B737NG Rated Experiences 

     

    Tutup Pendaftaran : 31 Desember 2018 

     

    Syarat-syarat Umum : 

     

    1. Masyarakat Negara Indonesia (WNI) ; 

     

    2. Rated dengan pengalaman terbang ; 

     

    3. Miliki ATPL License/CPL-IR yang masihlah laku ; 

     

    3. Bank Tabungan Negara (BTN) 

     

    Untuk Anda yang tertarik serta serius berkarier dibidang perbankan, yuk buruan buat persiapan diri Anda semaksimal mungkin, pasalnya satu diantaranya bank besar serta terkenal di Indonesia, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN) kembali buka lowongan kerja teranyar. 

     

    Kesempatan ini, BTN kembali buka lowongan kerja teranyar lewat program Officer Development Program (ODP) untuk enam lokasi sekalian, ialah Jakarta, Makassar, Bandung, Bali, Purwokerto, serta Yogyakarta. 

     

    Pendaftaran lowongan kerja dapat dijalankan waktu job fair yang diselenggarakan di sebagian perguruan tinggi negeri sampai 28 Oktober 2018. 

     

    Mencuplik web sah BTN, recruitment. btn. co. id, selanjutnya lokasi rekrutmen, gambaran pekerjaan, penyisihan untuk beberapa pelamar, serta tata langkah pendaftaran lowongan kerja itu : 

     

    Officer Development Program 

     

    Lokasi Rekrutmen : 

     

    - Jakarta (Job Fair UI) 

     

    - Makassar (Job Fair UNHAS) 

     

    - Bandung (Job Fair ITB) 

     

    - Bali (Job Fair Udayana) 

     

    - Purwokerto (Job fair UNSOED) 

     

    - Yogyakarta (Job Fair UGM) 

     

    4. PT Brantas Abipraya 

     

    Satu diantaranya Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) Konstruksi besar di Indonesia, yaitu PT Brantas Abipraya kembali buka lowongan kerja teranyar. 

     

    Kesempatan ini, Brantas Abipraya buka lowongan kerja untuk dua tempat sekalian. Pendaftaran lowongan kerja di buka sampai 11 Juli 2019. 

     

    Untuk kabar, Brantas Abipraya adalah perusahaan kontraktor BUMN yang tengah berkembang cepat, dengan core business proyek-proyek bagian ke-airan (bendungan, dam, jaringan irigasi, dan seterusnya) . 

     

    Sekarang, perusahaan udah berekspansi mengatasi proyek-proyek di luar ke-airan, ialah jalan, jembatan, gedung, dermaga, bandara, reklamasi, serta yang lain. Lokasi kerja Brantas Abipraya menyebar di semua lokasi Indonesia. 

     

    Berdasar pada rating majalah Infobank (2015) , Brantas Abipraya tempati posisi pertama disektor konstruksi. 

     

    Mencuplik web sah Brantas Abipraya, selanjutnya tempat yang di sediakan, syarat-syarat untuk beberapa pelamar kerja, tingkatan seleksi, serta tata langkah pendaftaran lowongan kerja itu : 

     

    1. Site Operation Manager 

     

    Model Pekerjaan : Konsisten 

     

    Tempat : Semua Indonesia 

     

    Tutup Pendaftaran : 11 Juli 2019 

     

    Syarat-syarat : 

    Lihat juga:

    cara menghitung subnetting dengan cepat
    cara menghitung blok subnet

    1. Pria, umur optimal 50 tahun ; 

     

    2. Pendidikan sekurang-kurangnya S1 Jurusan Tehnik Sipil ; 

     

    3. Pengalaman sekurang-kurangnya 5 tahun jadi Site Operation Manager (Kabag Operasi Project) di Perusahaan Konstruksi bertaraf Nasional ; 

     


    votre commentaire
  • Nilai rubah rupiah pada dolar Amerika Serikat (AS) bekerja melemah pada perdagangan di minggu awal ini. 

     

    Mengambil Bloomberg, Senin (15/10/2018) , rupiah di buka di angka 15. 230 per dolar AS, melemah apabila ketimbang dengan penutupan perdagangan awal kalinya yg berada pada angka 15. 197 per dolar AS. 

     

    Sejak mulai pagi sampai ini siang, rupiah bekerja di kira-kira 15. 210 per dolar AS sampai 15. 249 per dolar AS. Apabila dihitung dari mula tahun, rupiah udah melemah 12, 30 prosen. 

     

    Dan menurut Kurs Rekomendasi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) , rupiah dibandrol di angka 15. 246 per dolar AS, melemah apabila ketimbang dengan patokan satu hari awal kalinya yg berada pada angka 15. 194 per dolar AS. 

     

    Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengemukakan, gerakan dolar AS condong kuat pada beberapa mata uang dunia sejalan tetap terbukanya kemampuan untuk The Fed buat menaikan suku bunganya. 

     

    " Sejumlah golongan analis menilainya the Fed tetap terbuka buat kenaikan suku bunga dalam akhir tahun, " ujarnya dilansir dari Pada. 

     

    Meski demikian, menurutnya, pelemahan rupiah relatif hanya terbatas ditengah penurunan imbal hasil obligasi Amerika Serikat. 

     

    " Kondisi itu dikehendaki bisa kurangi dorongan pada rupiah serta terbuka kesempatan buat balik naik, " ujarnya. 

     

    Tidak hanya itu, lanjut ia, beberapa sentimen positif terlebih dari penilaian instansi asing serta beberapa negara pada kapabilitas Indonesia hadapi krisis perang dagang pun dikehendaki bisa memperkokoh laju fluktuasi rupiah. 

     

    Nilai rubah rupiah condong melemah pada dolar Amerika Serikat (AS) tak selamanya beresiko negatif terlebih untuk emiten mengarah export. Satu diantaranya emiten tekstil. 

     

    Tetapi, walaupun rupiah tertekan, pebisnis tekstil mau gerakan nilai rubah rupiah konstan pada dolar AS. 

     

    Sekretaris Perusahaan PT Sri Rizki Isman Tbk (SRIL) , Welly Salam, memaparkan rupiah melemah beresiko positif buat perseroan. Ini lantaran penerimaan perseroan tambah besar dalam dolar AS dibanding dengan biayanya. 

     

    " Apabila rupiah melemah 10 prosen karena itu laba kotor SRIL makin bertambah 100 basis point, " kata Welly kala dihubungi Liputan6. com, melalui pesan singkat, seperti ditulis Senin (15/10/2018) . 

     

    Seperti didapati, Kurs rekomendasi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) udah melemah 12, 19 prosen selama tahun berjalan 2018. Nilai rubah rupiah pada dolar AS melemah dari urutan 13. 542 pada 2 Januari 2018 ke urutan 15. 194 pada 12 Oktober 2018. 

     

    Disamping itu, PT Sri Rizki Isman Tbk membukukan kenaikan penjualan 35, 66 prosen dari USD 400, 80 juta pada semester I 2017 berubah menjadi USD 543, 76 juta pada semester I 2018. Laba periode berjalan yang bisa diatribusikan terhadap pemilik entitas induk naik 67, 67 prosen berubah menjadi USD 56, 32 juta pada semester I 2018. 

     

    Dari keseluruhan penjualan USD 543, 76 juta selama semester I 2018, menurut laporan akunting perseroan, penjualan domestik capai USD 251, 98 juta. Dan luar negeri capai USD 291, 77 juta. Penjualan itu ke Asia, Eropa, Amerika Serikat serta Latin, Uni Emirat Arab serta Afrika, dan Australia. 

     

    Soal sama dijelaskan Wakil Direktur Khusus PT Pan Brothers Tbk (PBRX) , Anne Patricia Sutanto. Pelemahan nilai rubah rupiah menguntungkan banyak exportir. Namun, Anne mengatakan pihaknya pun mau gerakan nilai rubah rupiah konstan pada dolar AS. 

     

    " Kami incomenya 97-98 prosen dalam dolar AS. Cost of material kita 60 sampai 65 prosen dalam dolar AS jadi terus wajar hedge, ” ujarnya. 

     

    PT Pan Brothers Tbk menuliskan penjualan naik 7, 98 prosen dari USD 241, 65 juta pada semester I 2017 berubah menjadi USD 260, 94 juta pada semester I 2018. Laba periode berjalan yang bisa diatribusikan terhadap pemilik entitas induk naik berubah menjadi USD 4, 77 juta. 

     

    Berkenaan perang dagang, emiten tekstil pun dapatkan kesempatan. Perihal itu bisa menggenjot export perseroan ke Amerika Serikat (AS) . 

     

    Welly mengemukakan, perang dagang berikan resiko positif. Ini lantaran ada kemampuan kenaikan export terlebih ke Amerika Serikat. Tidak hanya itu akan juga genjot export ke Eropa. “Karena konsumen dari Amerika Serikat mulai menaikkan order terhadap PT Sri Rizki Isman Tbk, ” ujar ia. 

     

    Welly prediksi, ada kenaikan lebih kurang 15-20 prosen export ke Amerika Serikat (AS) . Menurut laporan akunting perseroan semester I 2018, penjualan perseroan ke Amerika Serikat serta Amerika Latin capai USD 19, 99 juta. Urutan ini turun ketimbang semester I 2017 sebesar USD 32, 86 juta. 

     

    Soal sama dijelaskan Anne. Dia menilainya, perusahaan tekstil dapatkan keuntungan dari perang dagang. " Ini peluang buat Indonesia do reciprocal trade relationships with US, " kata ia. 

    Lihat Juga:

    rumus menghitung masa subur
    cara menghitung masa subur wanita agar cepat hamil

    Perseroan bakal genjot export ke AS mulai 2019. Dia menilainya, perang dagang itu jadi kejadian baik buat perusahaan tekstil. Ini sepanjang pemerintah pun investasi serta beri dukungan pada manufaktur. " Berkesinambungan with the policy. And give competitive edge buat perusahaan di Indonesia versi company di South East Asia atau Asia beda sebagai competitor di Indonesia, " ujar Anne.


    votre commentaire
  • Menteri Pemuda serta Olah-raga (Menpora) Imam Nahrawi meyakinkan, bonus untuk atlet serta pelatih Indonesia peraih medali pada Asian Banyak Games 2018 langsung ditransfer ke rekening semasing, serta tak ada pemotongan pajak. 

     

    “Itu utuh tidak ada potongan pajak lantaran pajak dibayar oleh pemerintah, ” kata Imam seperti dilansir dari halaman Sekretariat Kabinet, Senin (15/10/2018) . 

     

    Semestinya, lanjut Imam, semasing ada kelipatannya. Satu emas pertama di single Rp 1, 5 miliar, bila ia bisa emas ke-2 karena itu ada hitung-hitungannya. 

     

    “Jadi tak automatic Rp 1, 5 miliar, Rp 1, 5 miliar. Demikian juga untuk double atau beregu, ada juga hitung-hitungan seperti yg kami kasih ke atlet di Asian Games, persis, ” pungkasnya. 

     

    Perihal pemotongan sebesar 30 prosen oleh Komite Paralimpik Nasional atau National Paralympic Committee (NPC) , Imam janji bakal melihat kebenarannya. Yg pastinya, Menpora mengatakan, kalau keharusan pemerintah udah dikasihkan terhadap atlet, pelatih, serta asisten pelatih. 

     

    Bab NPC memohon peran 30 prosen, Menpora menilainya itu internal NPC. Yg pastinya dari pemerintah udah berikan seluruhnya serta hak-haknya yang wajib dikasihkan semuanya terhadap mereka. 

     

    Mengenai atlet yg belum juga dapatkan medali lantas, Menpora mengambil pengakuan Presiden Jokowi, kalau semasing (dapatkan) Rp 20 juta. Pelatih serta asisten pelatih, sambung Imam, pun sama. 

     

    Dengan kesuksesan Indonesia menggapai 34 medali emas, 44 medali perak, serta 50 medali perunggu, Menpora Imam Nahrawai menilainya, belumlah juga cukuplah buat berkata pada Paralympic Tokyo 2020. 

     

    Namun sedikitnya, menurut Imam, punyai modal 35 yg dapat pergi kesana. 

     

    “Dari segi kuantitatif ini udah melewati Paralympics 2016 di Brazil. Semestinya dengan cara kualitatif kita bakal sangatlah yakin, melalui langkah pelantas waktu panjang, di mulai sehabis Asian Banyak Games ini tak berhenti kembali hingga kelak 2020, ” pungkas Imam. 

     

    Prestasi menyenangkan diukir tiga atlet disabilitas asal Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, di Asian Banyak Games 2018. Mereka memberikan empat medali untuk kontingen Indonesia. 

     

    Ke-tiga atlet difabel asal Deliserdang di Asian Banyak Games 2018 itu merupakan Putri Aulia, Nasip Farta Simanja, serta Wilma Sinaga. Aulia memberikan satu emsa dari 100 mtr. putri serta satu perak 400 mtr. estapet. 

     

    Sesaat Nasip Farta Simanja memberikan dua emas dari nomer individual serta beregu classic cabang olah-raga catur. Gak cuma itu, dia pun menggapai satu perunggu dari nomer catur cepat. 

     

    Wilma Sinaga pun memberikan satu medali emas dari cabang olah-raga catur nomer beregu classic. Tidak hanya itu, ia pun menggapai satu medali perunggu catur nomer beregu cepat. 

     

    " Kami bertindak sebagai pemerintah daerah tentulah sangatlah mengapresiasi keberhasil itu lantaran bisa membawa harum nama daerah di ajang internasional, " kata Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Senin (15/10/2018) , seperti dilansir dari Pada. 

     

    Atas kesuksesan itu, Pemkab Deliserdang bakal berikan bonus terhadap banyak atlet itu. Namun, berbentuk apakah serta berapakah besarnya bonus itu tak diterangkan. 

    Lihat juga:

    cara menghitung ppn pembelian barang
    contoh soal menghitung ppn

    " Kami berikan animo terhadap banyak atlet lantaran udah bertarung dengan maksimum dalam membela Indonesia pada arena olah-raga berkelas di tingkat Asia itu, " ujar Ashari. 

     

    Dia mengharapkan kesuksesan ke-tiga atlet difabel itu dapat berubah menjadi pembawa serta beri motivasi atlet yang lain biar bisa mengukir prestasi yg sama waktu mendatang. 

     

    " Prestasi yg mereka catatkan tentulah tak diterima dengan serentak, namun lewat perjuangan panjang tiada kenal letih dengan latihan yg keras, " kata Ashari.


    votre commentaire
  • Belumlah ada perusahaan batu‎bara Pemegang Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yg mengedit statusnya berubah menjadi Izin Upaya Pertambangan Privat (IUPK) . 

     

    Diretur Jenderal Mineral serta Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengemukakan, sekarang belumlah ada perusahaan batubara pemegang PKP2B yg ajukan perpanjangan saat operasi, dengan penuhi ketentuan mengedit status berubah menjadi IUPK. 

     

    " Belum juga diperpanjang, belum juga dicabut, belumlah ada yg ngajuin, " kata Bambang, di Kantor Kementerian ‎ESDM, Jakarta, Senin (15/10/2018) . 

     

    Perusahaan batubara pemegang PKP2B yg ‎memperpanjang saat operasi mesti penuhi sejumlah keputusan, ialah mengedit status berubah menjadi IUPK, mesti penuhi keharusan keuangan, serta mengerjakan penciutan area. 

     

    " Seperti Freeport. Keharusan keuangan, keharusan smelter. Begitu, " ujar ia. 

     

    Menurut Bambang, sekarang ada tujuh perusahaan batubara pemegang PKP2‎B generasi I yg semasing saat kontraknya bakal habis pada kira-kira 2022, 2025 serta 2026. Penyerahan perpanjangan operasi sangat cepat dilaksanakan 5 tahun sebelum kontrak habis. 

     

    ‎ " Adaro, Berau. Itu kan generasi satu semua. namun kan beda-beda, kan ada yg 2026, 2022. ‎Lima tahun. sebelum ia expired. Ya terkait, bila 2026 kan tetap kelak, " ia menandaskan. 

     

    Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara Ditjen Mineral serta Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM, Sri Raharjo, menyebutkan penurunan Harga Batu bara Rujukan (HBA) bakal memiliki pengaruh pada penerimaan negara. 

     

    Bahkan juga, penurunan ini lantas dia mengaku sudah kelihatan sejak mulai tiga bulan paling akhir. Sejak mulai Agustus 2018 umpamanya, HBA ada di level USD 107, 83 per ton. 

     

    " Serta saat ini cuma USD 100 per ton. Jadi itu sebabkan ada kemampuan Oktober ini bakal mengalami penurunan penerimaan dari royaliti (batubara) , " kata Hendra dalam acara Diskusi Peraturan Publik Kiat Pengurusan Batubara Nasional, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (4/10/2018) . 

    Simak juga:

    Didapati, sekarang harga batu bara rujukan pada Oktober 2018 sebesar USD 100, 89 per ton, atau turun 3, 7 prosen ketimbang HBA September yg ada di level USD 104, 81 per ton. 

     

    Sri Raharjo mengemukakan, walaupun mengalami penurunan, namun keseluruhannya selama 2018 penurunan ini tetap cukuplah menarik. Dikarenakan, seandainya ketimbang dengan beberapa tahun awal kalinya penurunan tehadap HBA menyentuh sampai ke level USD 40 per ton.


    votre commentaire
  • Situasi yg berlangsung di Indonesia di cemaskan beresiko pada produksi padi nasional. Dimulai dari kemarau, petaka yg menyerang.menimpa utama produksi pangan sampai pertanda El Nino yg bakalan berlangsung pada November 2018 sampai Maret 2019 pun di cemaskan bikin produksi pangan nasional turun. 

     

    Pengamat Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Khudori mengemukakan, kemarau panjang yg disertai El Nino jelas bukan kondisi yg berkawan untuk pertanian seperti padi. Ini lantaran padi adalah komoditas yg butuh banyak air dalam pengembangannya 

     

    “Padi itu satu diantaranya tanaman pangan yg butuh banyak air, ” kata ia. 

     

    Curah hujan yg bakal berkurang mengingat musim kemarau disusul dengan adanya El Nino, bikin sawah-sawah yg memercayakan perairan dari air hujan, berproduksi tak maksimum. 

     

    Ketidakoptimalan panen di tahun depannya lantas kelihatan, dengan ada banyaknya sawah yg rusak di beberapa daerah terdampak petaka. Walaupun sebenarnya, daerah terserang petaka, ialah Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah lumbung padi yg apabila dikalkulasi produksinya dapat capai 3 juta ton tiap-tiap tahunnya. 

     

    “Kalau rusak setengahnya saja, dapat kehilangan kemampuan 1, 5 juta ton padi, ” kata Khudori. 

     

    Akademisi ini pun kuatir apabila kekeringan dan petaka gak pengaruhi persediaan pangan nasional. “Dari sejumlah instansi menjelaskan, koreksi pada produksi padi itu ada yg 13 prosen, 17 prosen hingga 37 prosen, ” paparnya. 

     

    Pengamat pertanian UGM Andi Syahid Muttaqin mengemukakan sama. Situasi musim kemarau di Indonesia pada tahun ini sangat unik. 

     

    Sisi utara Khatulistiwa memang tak alami musim kemarau berkesinambungan. Bahkan juga sekarang udah masuk musim hujan. 

     

    Tetapi, daerah selatan Indonesia yg dekat dengan Australia malahan alami musim kemarau dengan tingkat yg kritis dan lama. Masalah ini gak terputus dari pertanda alam berwujud Munson India. 

     

    Ahli agroklimatologi ini mengasumsikan musim kemarau panjang lantaran Munson India ini dapat selesai di 10 harian pertama bulan November. Sayangnya, sewaktu berbarengan, pada kala yg sama udah muncul siklus El Nino yg kurangi intensitas curah hujan, ketimbang musim-musim hujan yang silam. 

     

    Beberapa puluh Hektare Area Pertanian di Garut Utara Terancam Puso 

     

    Gara-gara kemarau berkesinambungan, beberapa puluh hektare area pertanian terutama padi dan kolam ikan di lokasi Garut Utara, Jawa Barat terancam puso alias tidak sukses panen gara-gara bertambah menipisnya cadangan air. 

     

    " Saya terpaksa sekali nyuci dan mandi di Sungai Cianten ini, lantaran terdapatnya air sumur udah mulai surut, " kata Ai Hani (28) , penduduk Kampung Cianten, Desa Cigawir Kecamatan Selaawi, Garut, Rabu (10/10/2018) . 

     

    Menurut dia suplai air sumur sekarang cuma bisa menutupi kepentingan air masak dan minum, sedangkan buat kepentingan membasuh, mandi sampai yang lain terpaksa sekali memanfaatkan air sungai yg jaraknya sampai 1 km. itu. 

     

    " Sebelumnya saya berspekulasi menanam padi dengan impian lekas turun hujan, saat ini jadi kering kerontang, " kata Usep (41) , aduan penduduk yang lain yg datang dari desa Surabaya Kecamatan Limbangan. 

     

    Menurutnya, gara-gara kemarau yg udah berjalan lebih kurang lima bulan ini, sebabkan area pertanian padi punyanya yg baru berusia dua bulan jadi kering. " Bila udah mati begini, sangat pun cuma dapat buat pakan kambing, " kata ia memelas. 

     

    Gara-gara tidak sukses panen itu, Usep menyatakan alami kerugian sampai Rp 3 juta dari bibit dan pupuk yg udah ditebar di area pertanian punyanya yg udah kering terbelah itu. " Saya pun bingung kala hujan datang, dikarenakan modal buat tanam udah habis, " papar ia. 

    Read more:

    Bukan hanya area pertanian padi, kekurangan suplai air turut menyebar area kolam ikan punya penduduk. Marfuah, (59) menyatakan tiga kolam punyanya sekarang alami kekeringan, sampai bibit ikan yg udah disebar lantas mati. 

     

    " Ikannya tetap kecil namun telah banyak yg mati gara-gara kurang air, saya berikan saja ke tetangga, " kata ia sedih.


    votre commentaire



    Suivre le flux RSS des articles
    Suivre le flux RSS des commentaires